Jumat, 08 Oktober 2010

Tugas 2

0

Tiga unsur yang menyebabkan munculnya aktivitas ekonomi : 

1. Kebutuhan
Karna kebutuhan seseorang semakin lama akan semakin meningkat dan mempunyai kebutuhan yang berbeda-beda antara yang satu dengan yang lainnya, baik itu primer, sekunder ataupun tersier semua itu tergantung dari tingkatan ekonomi seseorang.

2. Keinginan
Manusia tidak pernah puas dengan apa yang sudah dicapainya. Apabila kita sudah memperoleh yang satu pasti kita ingin memperoleh yang lainnya. Karena manusia mempunyai keinginan yang tidak terbatas.

3. Kelangkaan
Kelangkaan terhadap suatu barang bisa membuat masyarakat berani membayar mahal barang itu, apalagi jika barang itu adalah salah satu barang yang di butuhkan untuk kehidupan sehari-hari.

Perbedaan antara perusahaan dan lembaga sosial

Perusahaan yaitu organisasi yang bertujuan memperoleh pendapatan/ laba dengan memproduksi barang atau jasa yang sumber pendapatannya berdasarkan tingkat keuntungan dari hasil penjualan produk. Sedangkan lembaga sosial yaitu organisasi yang di bentuk dengan tujuan dapat memberi pelayanan untuk masyarakat luas sesuai dengan bidangnya, dimana lembaga sosial mendapatkan pemasukan/ modal yang berasal dari sumbangan/ subsidi dari pemerintah dan dermawan.

( sumber : http://id.answers.yahoo.com/question/index?qid=20081028051959AAxwopD )


Faktor-faktor yang mempengaruhi pemilihan letak dan tempat perusahaan yaitu :

Yang mempengaruhi pemilihan letak
  • tempat yang strategis
  • banyak terdapat instansi-instansi yang bisa memperlancar jalannya suatu usaha
  • tempatnya di daerah keramaian
Yang mempengaruhi pemilihan tempat
  • biaya produksi
  • pendapatan masyarakat sekitar
  • tingkat keamanan di daerah sekitar

Perbedaan antara lingkungan eksternal mikro dan lingkungan eksternal makro dalam dunia usaha

Lingkungan eksternal mikro yaitu bagian ekonomi yang menganalisis mengenai bagian-bagian kecil dari keseluruhan kegiatan perekonomian. Contonya yaitu mencakup produksi, distribusi, dan konsumsi. Sedangkan lingkungan eksternal makro yaitu teori ekonomi yang menganalisis keseluruhan kegiatan perekonomian yang bersifat global. Contonya yaitu pajak, perekonomian negara, ekspor dan impor.


www.gunadarma.ac.id










0 komentar:

Posting Komentar