Sabtu, 06 November 2010

Tugas 5

0

Apa sihh perbedaan antara manajemen dan organisasi??
Manajemen adalah suatu proses yang melibatkan kegiatan perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian yang dilakukan untuk mencapai sasaran perusahaan melalui pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber daya lainnya. Sedangkan organisasi merupakan alat manajemen untuk mencapai tujuannya yang mempunyai arti bahwa organisasi adalah bentuk perserikatan untuk mencapai tujuan bersama.

Mengapa dalam setiap aktivitas yang kita lakukan selalu memerlukan manajemen?
Karena, manajemen itu fungsinya untuk mengatur suatu aktivitas yang kita lakukan agar sesuai dengan prosedur yang baik dan proses yang benar agar kita bisa mencapai suatu tujuan dari aktivitas yang kita lakukan. Tapi coba bayangkan jika aktivitas itu tidak menggunakan manajemen, mungkin kita tidak bisa mencapai tujuan yang diinginkan karena kita tidak menggunakan prosedur dan proses yang baik.

Perbedaan antara manajer yang efisien dan manajer yang efektif yaitu manajer yang efisien adalah seorang manajer yang berusaha untuk mencari cara yang paling baik untuk mencapai tujuan yang diinginkan dengan sumber daya yang minimum guna pencapaian hasil yang optimum. Sedangkan manajer yang efektif adalah seorang manajer yang memilih cara yang paling tepat dari beberapa pilihan alternatif yang tersedia agar bisa mencapai tujuan yang diinginkan. Kedua-duanya bertujuan untuk mencapai hasil yang diinginkan namun penyelesaian yang efektif belum tentu efisien begitu juga sebaliknya. Yang efektif bisa saja membutuhkan sumber daya yang sangat besar sedangkan yang efisien barangkali memakan waktu yang lama. Sehingga sebisa mungkin efektivitas dan efisiensi bisa mencapai tingkat optimum untuk kedua-duanya.

Faktor yang mempengaruhi motivasi dari dalam diri
  1. Kebutuhan pribadi
  2. Tujuan dan persepsi individu atau kelompok
  3. cara untuk mwujudkan kebutuhan, tujuan dan persepsi tersebut.
Sumber :
http://torafahrudin.wordpress.com/2009/10/09/perbedaan-efektif-dan-efisien/


http://www.gunadarma.ac.id/

0 komentar:

Posting Komentar