Kamis, 11 November 2010

Mempercantik Kuku ^_^

0

 

Sadar nggak siihh kalo kuku yang kotor itu bisa berpengaruh banget untuk kesehatan kita lohh. Dari hasil survei para ahli kulit, banyak banget penyakit yang bisa dideteksi melalui kondisi kuku.



Maka dari itu mulai dari sekarang kita harus rajin bersihin kuku dengan baik, caranya:





@ Banyak mengkonsumsi sayuran hijau, protein, biji-bijian (oat, gandum) makanan laut sebagai sumber nutrisi yang baik untuk kesehatan kuku. Kekurangan protein, sebagai salah satu contoh yang bisa bikin kuku gampang rapuh dan kusam.







@ Rajin menggosok-gosokan belimbing sayur pada kuku, atau rendam kuku ke dalam rendaman cuka apel, biar kuku kuat dan nggak gampang patah.







@ Rendam tangan kedalam jus jeruk yang dicampur garam, selama kurang lebih 10 menit. Dijamin, kasarnya kuku dan tangan kamu akan berkurang.



@ Biar warna kuku sehat, gosok gosok air jeruk sitrun segar disekitar kuku.



@ Jika ada noda bandel dikuku, rendam tangan di air hangat yang sudah diberi perasan jeruk nipis selama 15-20 menit. Soalnya, air jeruk itu mengandung astringent yang bisa ngilangin warna kusam pada kuku.



@ Sebelum membersihkan debu atau berkebun, tancapin dulu kuku kamu ke sabun batang. Hal ini berguna untuk mencegah kotoran menempel di kuku, juga bikin kamu lebih mudah membersihkannya.



@ Potong kuku secara teratur. Kuku yang terlalu panjang kadang akan mengundang debu dan kotoran lebih banyak nempel di bagian dalam kuku. Tapi juga jangan memotongkuku terlalu pendek, karena kuku yang terlalu pendek juga bisa bikin bagian dalam kuku jadi sakit dan terinfeksi.



@ Jika kamu ingin memakai cat kuku jangan lupa memakai nail base. Ini untuk mencegah supaya zat pewarna dari cat kuku nggak nempel di kuku kamu.




Sumber : majalah aneka yess, No.01, 5-18 Januari 2009, hlm.56




http://www.gunadarma.ac.id/

0 komentar:

Posting Komentar